Tujuan Laporan Keuangan


Tujuan Laporan Keuangan
Tujuan dari laporan keuangan, untuk menyajikan atau menggambarkan laporan keuangan suatu badan baik individu, organisasi dll, yang dapat menjadi sumber informasi yang berguna bagi yang memerlukan untuk menjadi gambaran dalam pengambilan keputusan.
Menurut Standar Akuntansi Keuangan yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia tujuan laporan keuangan adalah:
Menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan”.(2012: http://id.wikipedia. org/wiki/Laporan_keuangan: di akses 03 Pebruari 2012 )
Sedangkan tujuan laporan keuangan menurut Alam S. adalah:
“a. laporan keuangan menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi. b. laporan keuangan juga menunjukan apa yang telah dilakukan oleh manajemen, atau pertanggungjawaban manajemen atas sumberdaya yang dipercayakan kepadanya. Hal ini terkait dengan keputusan investasi atau penggantian jajaran manajemen tersebut”. (2006:169)
Dari uraian diatas penulis menyimpulkan bahwa tujuan laporan keuangan yaitu menyediakan informasi mengenai keuangan suatu badan oraganisasi atau perusahaan bagi pemakainya dan menunjukan kinerja manajemen dalam priode tertentu dalam mengelolah sumberdaya yang dipercayakan kepadanya.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Popular Posts