MAKANAN KHAS ENREKANG (PULU MANDOTI)

Berkunjung ke Enrekang, tak lengkap jika Anda belum mencoba dua makanan khas daerah ini, dangke dan pulu mandoti. Apalagi, dua makanan ini tidak bisa ditemukan di daerah manapun, kecuali di Kabupaten Enrekang Desa Kendenan dan Salukanan.
Khusus Pulu Mandoti, padi khas yang jika dimasak mengeluarkan aroma wangi yang khas. Padi jenis ini konon hanya bisa tumbuh di Desa Salukanan dan Desa Kendenan. Bagi masyarakat Desa Kendenan, Pulu Mandoti dipercaya sebagai wangsit yang didapatkan dari Tuhan. Jika mengurai kata Desa asal Pulu Mandoti ini tumbuh, Masyarakat setempat memercayai jika Desa Kendenan berasal dari kata berarti persinggahan. Diambil dari asal kata ‘Kende’ yang artinya singgah. Kendenan juga dipercaya sebagai tempat persinggahan pendahulu  yang pertama tinggal di daerah ini. Para leluhur itulah yang pertama kali membawa benih padi pulu mandoti. Untuk mempertahankan aroma yang khas, serta membuat pulu mandoti tahanlama, padi jenis ini disimpan di tempat yang disebut Landa (lumbung padi ala Desa Kendenan).

Pulu Mandoti merupakan nama salah satu jenis beras ketan yang hanya dijumpai di Desa Kendenan dan Desa Salukanan. Keistimewaannya antara lain: saat dimasak, beras ini akan mengeluarkan aroma daun pandan. Istilah Pulu Mandoti yang diberikan kepada beras ketan ini, konon karena aromanya yang bisa tercium hingga jarak puluhan meter. Keistimewaan lain, karena jika padi jenis  ini ditanam di tempat lain, maka aroma yang dimiliki akan berbeda. Itu artinya, di luar daerah tersebut, padi penghasil beras Pulu Mandoti tidak akan sama aromanya bila ditanam di tempat aslinya yaitu Desa Kendenan dan Desa Salukanan. Biasanya, Pulu Mandoti disajikan sebagai makanan pokok bersama dangke. Kuliner khas Enrekang lainnya yang juga tidak dimiliki daerah lain.
Comments
2 Comments

2 komentar:

Mull Amur Lolong mengatakan...

Ada Tidak warung makan yang menjadikan pulu mandoti sebagai salah satu menunya? kalo ada, dimana?

sardi arkam mengatakan...

kalau bisa sya blang nih....pulukmandoti bisa di deklarasikan sebagai salah satu bagian dari 7 keajaiban dunia...

Popular Posts