contoh rpp untuk sd kelas 123456

TUGAS INDIVIDU
DOSEN          : DRA.HJ..........

PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM
UNTUK
PPKBH
                                        







NAMA            :
KELAS           : A PPKHB
NIM                :
INSTANSI     : SDK RANTE PADANG


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2011
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
SEMESTER I

Mata pelajaran          : IPA                                       Nama Guru:
Kelas                           : V                                           Jumlah KD: 2

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
KOMPLEKSITAS
SUMBER DAYA DUKUNG
INTA KE
KETUNTASAN
PENDIDIK
SARANA PRASANA
1.     Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan
1.1.Mengindentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan
1.2.Mendeskripsikan ketergantungan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan





Mengetahui,                                                                            Bunu, 5 Januari 2011
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas V

 nama kepala sekolah                                                            nama mahasiswa
Nip                                                                                           Nip.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                            : SDK RANTE PADANG
KELAS                                  : V (LIMA)
MATA PELAJARAN          : IPA
SEMESTER                         : 1(SATU)

Standar Kompetensi               : 1. Memahami cara tumbuhan hijau membuat Makanan
Kompetensi Dasar                  : 1.1. Mengendentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan
Indikator                                  : a. Kognitif
¨      Proses
-          Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain
-          Menyebutkan fungsi fotosintesis bagi tumbuhan
¨      Hasil
-          Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan
-          Mengelompokkan tanamam sesuai dengan  tempat menyimpan cadangan makanan
b. Afektif
¨      Karakter
-          Bekerjasama dengan teman
¨      Sosial
-          Memberi tanggapan secara santun
c. Psikomotorik
-  Menceritakan proses fotosintesis pada tumbuhan
A. Tujuan Pembelajaran:
a.       Kognitif
¨     Proses
-       Melakukan percobaan proses fotosintesis  menggunakan cahaya matahari atau lampu neon
¨      Produk
-       Merumuskan hasil dari proses fotosintesis
b.       Afektif
¨    Karakter
-       Bekerjasama dengan teman
¨    Sosial
-       Memberi tanggapan secara santun
c. Psikomotorik
-  Menceritakan berbagai bagian tumbuhan yang di gunakan untuk menyimpan makanan cadangan
B. Materi Pembelajaran
       1. Tumbuhan hijau
       2. Bagian-bagian tumbuhan yang menyimpan makanan
C. Metode pembelajaran
       a. Demonstrasi
       b. Ekperimen
       c. Diskusi Tanya-jawab
D. Langkah-langkah pembelajaran
       1. Kegiatan awal (10 menit)
            a . Membaca Doa
            b. Mengabsen Siswa
            c. Mengingat kembali mata pelajaran minggu lalu
            d. Tanyakan kepada pesserta didik apakah makhluk hidup
       2. Kegiatan inti (50 Menit)
            a. Guru membagi peserta didik secara berpasangan tempat penyimpanan makanan cadangan
            b. Guru mengarahkan jawab peranyaan dengan meminta peserta didik
            c. Guru mempresentasikan pengetahuan deklaratif tentang fotosintesis dan tempat penyimpanan makanan cadanagan
            d. Guru mendemostrasikan cara pengetahuan adanya Amilum
            e. Guru meminta peserta didik mencari informasi melalui pengamatan tentang nama-nama tumbuhan serta bagian tumbuhan sebagai tempat menyimpan makanan cadangan
            f. Guru memeriksa kegiatan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar
       3. Kegiatan Akhir (10 Menit)
            a. Memberi penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik
            b. Membimbing siswa merangkum pelajaran
            c. Uji kompetensi tertulis.
                        Apa fungsi cahaya dalam fotosintesis?
E. Sumber dan media pembelajaran
            a. Buku IPA- Kelas V SD
            b. Gambar skema fotosintesis
            c. Tumbuhan disekitar siswa
F. Penilaian Hasil Belajar
       Teknik Penilaian dan bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
Tes identifikasi dan uji petik kerja prosedur
Pilihan Ganda
Essay
Keterangan:
-            Media tes dan kunci tes
-            Terlampir…….

Mengetahui,                                                                                        Bunu, 5 Januari 2011
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Kelas V



nama kepala sekolah                                                                        nama mahasiawa
Nip.                                                                                                   Nip.
2. Bentuk Tes Pilihan Ganda
1. Kentang menyimpan cadanganMakanannya…….
a.       umbi
b.      batang
c.       daun
d.      biji
2. Pembuatan makana pada tumbuhan hijau…..
a. ekskrisi
b. fotosintesis
c. respirasi
d.oksidasi
3. Contoh tumbuhan yang menyimpan cadangannya di batang……
     a. kelapa
     b. jeruk
     c. pisang
     d. tebu
4. Fotosintesis dapat terjadi pada daun tumbuhan yang…..
     a. masih kuncup
     b. Sudah mekar
     c. mengandung klorofil
     d. menyimpan cadangan nakanan
5. Fotosintesis dapat terjadi pada dengan bantuan dari energi  tumbuhan yang…..
     a. cahaya matahari
     b. mineral
     c. tiupan angin
     d. air
6. Fotosintesis hanya berlangsung pada tumbuhan yang…..
     a. memiliki daun
     b. memiliki klorofil
     c. hidup di tanah
     d. hidup di air
7.  Ketika fotosintesis, tumbuhan memerlukan …..
     a. tanah,air,dan karbon dioksida
     b. air,karbondioksida dan cahaya
     c. cahaya,oksigen dan klorofil
     d. air,oksigen dan cahaya
8. Contoh tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan dalam biji adalah …..
     a. tebu.talas, terong
     b. padi,jagung, dan talas
     c. apel,jeruk dan mangga
     d. bawang merah,pisang dan kentang
9. Tumbuhan akan menggunakan cadangan makanan dalam  bentuk biji …..
a. bergerak
b. bernapas
c. berkembang biak
d. tumbuh
10. Selain sebagai sumber makanan, tumbuhan    hijau juga menghasilkan …..
a. oksigen
b. karbon dioksida
c. air
d. zat hiaju

BENTUK TES ESSAY
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar
1.Daun berwarna hijau karena banyak mengandung ………….
2.Agar dapat berfotosintesis,tumbuhan hijau memerlukan …………
3.Hasil fotosintesis yang disimpan sebagai cadangan makanan adalah…..
4.Kankung dan bayam menyimpan cadangan makanannya…….
5.Pohon tebu dan sagu menyimpan cadangan makanannya di…….
C. BENTUK TES ISIAN
1. Mengapa fotosintesis secara alami hanya terjadi di siang hari?
2. Sebutkan bahan yang diperlukan untuk berfotosintesis.
3. Sebutkan tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di bagian berikut:
a.umbi                                     d. buah
b.batang                                  e. biji
c.daun
4. Sebutkan fungsi cadangan makanan bagi tumbuhan
5. Apakah yang terjadi jika didunia tidak ada tumbuhan berhijau daun

PENILAIAN
NO
SKOR
PENILAIAN
A.
B.
C.
10:10
25:5
75:5
pedoman
skor perolehan=x10=nilai
skor maksimal


Jumlah skor
100



KUNCI JAWABAN
A.Pilihan Ganda
1. A                                                      6. B
2. B                                          7. B
3. D                                          8.B
4. E                                           9.D
5. A                                          10.A
B. Isian
1. klorofil
2. cahaya matahari
3. karbon hidrat dan oksigen
4. Daun
5. Batang
C.Uraian
1. Karna mendapatkan energy cahaya dari matahari
2. Air, karbon di oksida,klorofil, dan energy cahaya
3.  a.wartel, kentang
                b.tebu,sagu
               c.bayam, sawi
              d.apel, srikaya
              e.jangung, kacang-kacangan
4. Untuk pertumbuhan perkembangbiakan dan kelangsungan hidup
5. Manusia dan hewan tidak bisa hidup karna sumber makanannya


1. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
v  Kegiatan awal(10 menit)
   - Berdoa
   - mengabsen siswa
   - memperkenalkan materi
v  Kegiatan inti(50 menit)
-  Guru menjelaskan proses pembangkitan energi listrik lewat peragaan
-  Guru membedakan berbagai jenis pembangkitan energi listrik
-  Siswa bisa membedakan berbagai jenis pembangkitan energi listrik yang sudah di jelaskan oleh guru
-  Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan apa yang belum di mengerti
 - Guru menyimpulkan materi yang sudah di jelaskan
 - Evaluasi
v  Kegiatan akhir (10 menit)
       - memberi PR (tidak lanjut)
- memotivasi siswa untuk belajar di rumah

2. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
v  Kegiatan awal (10 menit)
-       Guru mengingatkan kembali materi yang telah di pelajari pada pertemuan sebelumnya
v  Kegiatan inti (50 menit)
       -  Guru membagi siswa menjadi enam  kelompok
       - Guru menjelaskan perubahan energi listrik ke energy listrik bentuk lain pada perlatan  listrik
       - Guru memperagakan contoh pemanfaatan energy listrik memutar sebuah benda
       - Guru menguraikan contoh- contoh peralatan listrik di rumah yang memanfaatkan listrik
       - siswa diskusi dalam kelompoknya
  -  siswa menarik kesimpulan  dari pengalaman demontrasi guru untuk menjelaskan   mamfaat listrik untuk beberapa keperluan
   - setiap kelompok harus membacakan hasil kelompoknya di depan kelas
v  Kegiatan akhir
   - siswa mengerjakan tugas
   - memotivasi siswa belajar di rumah

3. LANGKAH-LANGKAH PEMBALAJARAN
v  Kegiatan awal (10 menit)
    - Guru mengingatkan kembali materi yang sudah di pelajari pada pertemuan sebelumnya
    - Guru menyediakan charta berbagai sumber energy listrik
v  Kegiatan inti (50 menit)
    -Dengan dipanduh guru,siswa menyebutkan sumbe renergy listrik,antaralain,baterei,aki,dinamo,dan generator
    - Dengan di pandu guru, siswa menyebutkan bagian-bagian baterai sehingga dapat menghasilkan energi listrik
    - Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian-bagian aki sehingga dapat menghasilkan arus listrik
     - Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian-bagian dinamo sehingga dapat menghasilkan arus listrik
     - Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bagian-bagian generator sehingga dapat menghasilkan arus listrik
v  Kegiatan akhir (10 Menit)
-       Dengan menyimpulkan dengan cara menjelaskan cara kerja berbagai sumber arus listrik
-       Memberikan PR
-       Memotivasi siswa untuk belajar
-       Berdoa

4. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
v  Kegiatan Awal (10 Menit)
-        Berdoa
-        Mengabsen siswa
-        Mengulanngi materi yang sebelumnya
-        Memperkenalkan materi
v  Kegiatan Inti (50 Menit)
-        Dengan di pandu guru,siswa menyebutkan berbagai macam rangkaian listrik
-       Dengan di bimbing guru,siswa melakukan kegiatan 9,2 agar dapat membedakan rangkaian terbuka dan rangkaian tertutup
-       Dengan di bimbing guru siswa melakukan kegiatan  9,3 agar dapat membedakan rangkaian parallel,rangkaian seri,dan rangkaian campuran
-       Di pandu guru,siswa menyebutkan kembali dan kekurangan,rangkaian seri,rangkaian parallel dan rangkaian campuran
-       Siswa di beri kesempatan untuk bertanya kalau ada yang belum di mengerti
v  Kegiatan Akhir (10 Menit)
-        Guru menyimulkan materi yang sudah di jelaskan
-        Memotivasi siswa belajar di rumah

5. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
v  Kegiatan Awal (10 Menit)
-        Berdoa
-        Mengabsen siswa
-        Mengulangi materi yang minggu lalu
-        Memperkenalkan materi
v  Kegiatan Inti (50 Menit)
-        Guru memberikan gambaran mengenai konduktor dan isolator
-       Guru memnbagi siswa beberapa kelompok
-       Setiap kelompok harus melakukan bahan sebagai isolator dan konduktor
-       Siswa dapat menyebutkan mamfaat konduktor dan isolator dalam kehidupan sehari-hari
-       Setiap kelompok Memotivasi siswa belajar di rumah melakukan percobaan perolehan di depan kelas untuk membedakan benda-benda yang dapat menghantar energi listrik dan yang tidak

v  Kegiatan Akhir (10 Menit)
-       Guru menyimpulkan materi dengan cara menjelaskan kegunaan bahan konduktor dan isolator listrik
-       Memberi PR (tindak lanjut)
-       Memotivasi siswa untuk belajar di rumah
-       Berdoa



Comments
0 Comments

0 komentar:

Popular Posts