Skripsi PGSD (abstarak)


ABSTRAK

Jerniwati. 2011. Hubungan Keadaan Sosial Ekonomi terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 7 Gandeng  Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang, Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. dan Dra. Nirmala, S.Pd. M.si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. 
untuk melihat keseluruhan klik link berikut ini:
Klik ling yang di samping


Penelitian ini mengkaji tentang keadaan sosial ekonomi  terhadap prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimanakah gambaran dan  hubungan keadaan sosial ekonomi terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 7 Gandeng Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk  mengetahui sejauh mana gambaran dan hubungan keadaan sosial ekonomi terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 7 Gandeng Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriftif kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex-post facto dengan desain penelitian korelasional yaitu untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas (kondisi keadaan sosial ekonomi) dengan variabel terikat (prestasi belajar). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 7 Gandeng Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang yang berjumlah 56 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, kelas V, kelas VI sebanyak 56 orang dilakukan secara total population . Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penghitungan product moment  di peroleh pada tabel perhitungan keadaan sosial  ekonomi tinggi, menengah dan rendah interpretasi menunjukkan bahwa antara variabel X dan Y terdapat hubungan yang sangat kuat. Hubungan keadaan sosial ekonomi dan prestasi belajar menunjukkan nilai koefisien (r) hitung lebih besar daripada nilai korelasi (r) antara tingkat keadaan sosial ekonomi terhadap prestasi belajar. Berarti HO ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang sangat kuat antara nilai r atau keadaan sosial ekonomi dengan prestasi belajar.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Popular Posts