ABSTRAK
Jerniwati. 2011. Hubungan Keadaan Sosial
Ekonomi terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 7 Gandeng Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang, Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd. dan Dra. Nirmala, S.Pd. M.si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
untuk melihat keseluruhan klik link berikut ini:
untuk melihat keseluruhan klik link berikut ini:
Klik ling yang di samping
|
Penelitian ini mengkaji
tentang keadaan sosial ekonomi
terhadap prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimanakah
gambaran dan hubungan keadaan sosial ekonomi
terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 7 Gandeng Kecamatan Baraka Kabupaten
Enrekang. Tujuan utama dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana gambaran dan hubungan keadaan
sosial ekonomi terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 7 Gandeng Kecamatan
Baraka Kabupaten Enrekang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriftif
kuantitatif. Jenis penelitian
yang digunakan adalah ex-post facto dengan desain penelitian korelasional yaitu untuk mengetahui hubungan antara
variabel bebas (kondisi keadaan
sosial ekonomi) dengan variabel terikat (prestasi
belajar). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 7 Gandeng Kecamatan Baraka
Kabupaten Enrekang yang
berjumlah 56 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas IV, kelas V, kelas VI
sebanyak 56 orang dilakukan secara total
population . Teknik pengumpulan data dengan angket dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik
inferensial dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penghitungan
product moment di peroleh pada
tabel perhitungan keadaan
sosial ekonomi tinggi, menengah dan
rendah interpretasi
menunjukkan bahwa antara variabel X dan Y terdapat hubungan yang
sangat kuat. Hubungan keadaan sosial ekonomi dan prestasi
belajar menunjukkan nilai koefisien (r) hitung lebih besar daripada nilai
korelasi (r) antara tingkat keadaan sosial ekonomi terhadap prestasi belajar.
Berarti HO ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa
ada hubungan yang sangat kuat antara nilai r atau keadaan sosial ekonomi dengan
prestasi belajar.